Leaflet Sehat Jiwa Lansia

Leaflet Sehat Jiwa Lansia
  • Leaflet Sehat Jiwa Lansia

  • Views 12

  • Downloads 2

  • File size 127KB
  • Author/Uploader: Febi Sagitaria

A.   PENGERTIAN 1.  Lansia (Lanjut usia) Usia lanjut adalah sesuatu  yang harus diterima sebagai suatu kenyataan dan fenomena alam. Kehidupan itu akan diakhiri dengan proses penuaan yang berakhir dengan kematian.

B.  PERKEMBANGAN LANSIA  Ciri-ciri Perkembangan Normal Lansia : a)  Mempunyai harga diri tinggi b)  Menilai hidup itu berarti c) Memandang sesuatu hal secara utuh (hak dan kewajiban) d)  Menerima orang lain apa adanya e)  Menerima datangnya kematian

2.  Perkembangan Psikososial Lansia Tercapainya cita-cita diri. Pemahaman terhadap makna hidup secara keseluruhan membuat lansia berusaha menuntun generasi berikut (anak dan cucu) berdasarkan sudut pandangnya.

  Ciri-ciri Perkembangan Yang

Menyimpang Pada Lansia : a) Merasa bahwa hidup selama ini tidak berarti b)

 Merasakan kehilangan

c)  Memandang rendah

orang lain

C.  YANG HARUS ANDA LAKUKAN AGAR PERKEMBANGAN ANDA DAPAT BERJALAN NORMAL :  a)  Ikut serta dalam aktivitas sosial untuk mengisi waktu luang Anda. b)  Melakukan kegiatan berkelompok seperti posyandu lansia.

c)   Menilai kehidupan Anda selama ini sangat bermakna d)  Meminta pendapat orang lain ketika Anda akan memutuskan sesuatu

e)  Menerima dan menyesuaikan diri dengan kematian orang  yang Anda cintai dan sayangi. f)   Bercerita tentang masa lalu Anda yang membuat Anda merasa bangga.

c)  Katakan Anda ingin diberi perhatian dan penghargaan dari keluarga(istri, anak dan cucu) Anda. d)  Katakan Anda ingin diberikan kesempatan melakukan kegiatan Anda sendiri.

D.   YANG ANDA BISA LAKUKAN KETIKA ANDA MERASAKAN TELAH TERJADI PENYIMPANGAN PADA DIRI ANDA: a)   Diskusikan kepada orang yang Anda percayai/orang terdekat penyebab kenapa Anda tidak mau bersosialisasi. b)  Katakan bahwa Anda ingin didampingi ketika mengikuti kegiatan kelompok.

PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL LANSIA

O L E H Kartika S a r i, S.Kep 1411436604

BERMANFAAT

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS RIAU 2018