Cara Penggunaan Insulin Pen – Poster

Cara Penggunaan Insulin Pen - Poster
  • Cara Penggunaan Insulin Pen – Poster

  • Views 20

  • Downloads 1

  • File size 2MB
  • Author/Uploader: Zahra Baiti Nur Azizah

CARA PENGGUNAAN INSULIN PEN APA ITU INSULIN PEN?

AREA PENYUNTIKAN INSULIN

Insulin pen adalah obat untuk memenuhi kebutuhan insulin pada penderita diabetes. Insulin adalah hormon yang diproduksi kelenjar pankreas untuk mengendalikan kadar gula darah. Cara kerja insulin pen sama dengan insulin alami, yaitu membuat gula dapat diserap oleh sel dan bisa diolah menjadi energi.

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN INSULIN PEN? 1. Siapkan insulin pen 2. Cukup goyangkan perlahan insulin pen, jangan goyang terlalu keras atau digulunggulung ke telapak tangan agar tidak timbul gelembung udara.

BAGAIMANA CARA MEMBUANG JARUM INSULIN PEN? 1. Tempatkan semua jarum bekas ke wadah yang tahan tusukan, dapat berupa botol plastik/kaleng dengan tutupnya. 2. Anda dapat membawanya ke rumah sakit/apotek terdekat untuk ditangani sebagai limbah medis atau dibuang ke tempat sampah (bukan sampah daur ulang).

2. Siapkan jarum dan pasang pada pena insulin.

3. Pastikan insulin berfungsi dengan baik: -Atur dosis 1 atau 2 unit -Arahkan pen insulin ke atas, tekan tombol dosis sambil mengamati keluarnya cairan pada ujung jarum. 4. Atur dosis sesuai dengan resep dokter.

5. Pilih lokasi/bagian tubuh yang akan disuntikkan. Bersihkan area yang akan disuntik menggunakan alkohol swab. 6. Suntikkan insulin dengan cara mencubit kulit (bagian lemak) dan suntikkan dengan cara tegak lurus (sudut 90⁰) sampai dosis kembali ke angka nol.

PERHATIAN!!! Simpan insulin pen yang masih tersegel dalam lemari es (bukan freezer). Insulin pen yang sudah terbuka segelnya dapat disimpan pada suhu ruang. Hindarkan dari panas/ cahaya matahari langsung. Pastikan jarum untuk insulin pen sudah tersedia. Satu jarum untuk sekali pakai. Posisi penyuntikan 90⁰ / tegak lurus. Lokasi penyuntikan yaitu lengan atas, perut (hindari pusar), paha bagian luar, dan pantat. Lakukan penyuntikan bergantian secara berotasi pada satu lokasi, dan berikutnya lokasi yang lain. Jangan digunakan kembali jika melebihi tanggal kedaluwarsa. Jangan gunakan insulin pen yang sudah terbuka segelnya lebih dari 30 hari. PRAKTIK KERJA PROFESI APOTEKER UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO 2021